Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) diperingati setiap tanggal 4 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit kanker dan gejalanya juga tentang bekerja sama untuk mencegah kematian akibat kanker dan menyediakan semua kemungkinan pengobatan untuk pasien.

Dengan momentum Hari Kanker Sedunia ini diharapkan kesenjangan perawatan yang diterima oleh penderita kanker bisa terus ditekan agar semua penderita kanker bisa mendapatkan perawatan yang sama, sehingga dapat menekan dan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

Pada tanggal 3 Februari 2023, OSIS SMAN 5 Bandung mengadakan Kegiatan Hari Kanker 2023 yang berupa Talkshow dengan Dr. dr. Raden Yohana, SpB.Subsp.Onk.(K) dan dr. Siska Wiramihardja, MKes., SpGK dari Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung. Para pemateri menyampaikan betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat supaya terhindar dari bahaya penyakit Kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia tahun 2023 adalah “Menyatukan suara dan mengambil tindakan!” yang artinya upaya untuk mempersatukan Keluarga Lima untuk bersama melawan Kanker dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui acara ini. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan kelas XI. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan para peserta dapat menyebarkan materi dan hikmah yang telah didapatkannya.