Maraton merupakan salah satu kategori lari dalam cabang olahraga atletik selain lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari estafet, dan lari gawang. Lari maraton memiliki banyak manfaat kesehataan bagi tubuh kita, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, melatih jantung, memperbaiki kualitas tidur, dan lain-lain. Selain itu, lari maraton juga dapat meningkatkan sportivitas. Dengan mengikuti kegiatan maraton, kita dapat bersaing secara sehat dan meningkatkan kebersamaan sesama peserta maupun rekan lari.
Melihat minat warga Kota Bandung untuk berolahraga, ternyata masih sangat memprihatinkan. Dari jumlah penduduk yang mencapai 2,5 juta orang, baru 51 persennya saja yang masih menyempatkan diri untuk berolahraga. Dari 51 persen tersebut didominasi oleh warga berusia di atas 35 tahun dengan jenis olahraga ringan seperti senam dan berjalan kaki. Sementara itu, generasi milenial berusia di bawah 30 tahun. Dapat dilihat bahwa remaja saat ini masih memiliki minat yang kurang untuk berolahraga.
Maka dari itu, kami Seksi 7 OSIS SMA Negeri 3 dan OSIS SMA Negeri 5 Bandung berkolaborasi untuk mengadakan acara olahraga, yaitu Belitung Maraton. Belitung Maraton merupakan ajang kompetisi lari jarak jauh yang diikuti oleh siswa-siswi pelajar SMA di Kota Bandung. Dalam kegiatan tersebut, kami berharap siswa-siswi pelajar di kota Bandung dapat mengembangkan minat dan bakat serta kemauan lebih untuk berolahraga, salah satunya dengan mengikuti pertandingan maraton.